STUDI FENOMENOLOGI PENGALAMAN KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DENGAN PEMIMPIN MULTIGENERASI PADA SEBELAS PERPUSTAKAAN UNIT KERJA KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Eni Kustanti, Agus Rusmana, Purwanti Hadisiwi

Abstract


Perpustakaan pada unit kerja lingkup Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), memiliki pemimpin yang berbeda generasi usianya. Setiap pemimpin identik dengan kekuasaan yang dimiliki dan memiliki cara berkomunikasi yang berbeda akibat dari kekuasaan yang dimiliki. Pustakawan di perpustakaan tersebut memiliki pengalaman bagaimana berkomunikasi dengan pimpinannya. Fokus penelitian ini untuk mengungkapkan bagaimana pengalaman komunikasi pustakawan dengan pimpinanannya yang berbeda generasi di 11 unit kerja Kementan RI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui penggunaan kekuasaan pada pemimpin multigenerasi di 11  perpustakaan unit kerja Kementan RI (2) mengetahui generasi pemimpin yang menjadi idola pustakawan dalam berkomunikasi (3) mengetahui penyebab konflik komunikasi yang terjadi  antara  pustakawan dengan pemimpin multigenerasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada November 2018. Penentuan key informant dengan purpose sampling, yaitu memilih sebelas pustakawan dari 11 unit kerja dengan usia pimpinan yang berbeda generasi (X,Y, dan Baby Boomer). Hasil penelitian ini menunjukkan pemimpin generasi baby boomer cenderung hanya menggunakan kekuasaan sah (legitimate power) dan kekuasaan keteladanan (referent power). Sedangkan generasi X dan Y cenderung menggunakan kekuasaan sah (legitimate power) dan kekuasan keahlian (expert power). Kekuasaan penghargaan (reward power) dan kekuasaan paksaan (coercive power) cenderung digunakan pada pemimpin semua generasi di perpustakaan unit kerja Kementan  RI. Generasi pemimpin yang menjadi idola pustakawan dalam berkomunikasi cenderung pada generasi X dan Y. Konflik komunikasi yang terjadi antara pustakawan dengan pemimpin multigenerasi cenderung disebabkan karena perbedaan pola pikir dan cara pandang.


Keywords


Pustakawan; pimpinan; kekuasaan; multigenerasi; komunikasi

Full Text:

PDF

References


Al-Asfour, A., & Lettau, L. Strategies for leadership styles for multigenerational workforce. Journal of Leadership, Accountability and Ethics, 11(2), 58-69.

Aryani, L., Maretih, A.K.E., Cucuani, H., Susanti, R., Lestari, Y.I. (2013). Kompetensi tidak sempurna tanpa integritas pada pemimpin. Jurnal Psikologi, 9(1), Juni 2013.

Mas’ud, R., Jonathan, L.R. & Lau, EA. (2017). Pengaruh reward dan punishmen terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Ekonomia, 6(1), 47-153.

Masriah, S. Rohmiyati, Y. & Setyadi, A. (2014). Gaya kepemimpininan dalam memberikan motivasi pustakawan di UPT Perpustakaan UNISULLA Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan 3(4), 71-80.

Mulyana, D. (2018). Cet. Ke-9. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (leadership) berbasis karakter dalam peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290-297.

Raditya. M.H. (2015). Kontestasi Kekuasaan dan Keteladanan Semu di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19(1), 1-15.

Rivai,V. dan Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwatno. (2018). Komunikasi Organisasi Kontemporer. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Taucena, I,M., Tamasila, M., Strauti, G.N. (2016). Study on management style and managerial power types for large organization. Procedia - Social and Behavioral Sciences 221 (2016) 66–75. doi: 10.1016/j.sbspro.2016.05.091

Wahjono, S.I. (2010). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Waluyan, B.C., Mandey, S.L. & Tumbuan,W.J.F.A. (2016). Gaya kepemimpinan, delegasi wewenang dan komunikasi terhadap kinerja karyawan (Pada PT. Air Manado). Jurnal EMBA, 4(5), 489-500.

Wijaya, A.A. (2017). Komunikasi interpersonal lintas generasi untuk menghadapi Stres Akademik Pada Anak. Interaksi Online, 5(2), 1-7.

Wijono, S. (2018). Kepemimpinan dalam Perspektif Organisasi. Ed.1. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuki, G. (2005). Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi kelima. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jpp.v29n2.2021.p59-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Perpustakaan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perpustakaan Pertanian (JPP) by http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jpp is licenced under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ 

Publisher:Indonesian Center for Agriculural Library and Technology Dissemination

Jalan Ir. H. Juanda No. 20 Bogor, Indonesia 16122

P-ISSN : 0854-1078

E-ISSN : 2541-0814

 

View My Stats