Studi Pendahuluan Perkembangan Bunga Varietas Lada

Rr. Ernawati

Abstract


Studi pendahuluan tentang biologi bunga beberapa varietas lada meliputi bentuk dan tahapan perkembangan bunga telah dilaksanakan di laboratorium Sub Balittro Natar. Varietas yang diamati adalah Petaling 1, petaling 2, Natar 1, Natar 2, Merapin, dan Paniyur. Pengamatan terhadap 3 tanaman sampel untuk setiap varietas, dilakukan setiap hari selama 2 bukan (sejak awal Oktober hingga November 1990). Hasil pengamatan menunjukkan bahwa semua varietas memiliki bentuk bunga yang sama, yaitu hermaprodit tersusun dalam satu bulir, kecuali varietas Natar 2, selain memiliki bulir hermaprodit ada juga yang memiliki bulir jantan (masculer), sehingga varietas ini dapat dikatakan “Andromonoceus”. Bentuk kepala putiknya (stigma) menyerupai cabang mata bintang, rata-rata berjjumlah 4 cabang pada varietas Petaling 1 dan Paniyur; 3 cabang pada varietas petaling 2, Natar 1 dan Natar 2 dan 2 cabang pada varietas Merapin. Menurut perkembangan bunganya sejak bulir muncul dari seludang hingga seluruh bunga dalam bulir tersebut muncul, semua varietas memerlukan waktu yang sama, yaitu antara 28-30 hari, sedang variasi tahap perkembangan bunga antar varietas sedikit berbeda, kecuali antar varietas Petaling 1 dan Petaling 2.

Keywords


Bunga; Varietas Lada; Rempah

Full Text:

PDF

References


DARJANTO dan SITI SATIFAH. 1984. Pengetahuan tentang biologi bunga dan teknik penyerbukan silang buatan . PT. Gramedia, Jakart.155 hal.

HAMID.A. 1989. Pemuliaan pada tanaman lada. Makalah pada latihan teknik pemuliaan tanaman dan hibrida di Balittan Sukamadi .8 hal. (tidak diterbitkan).

ILYAS. .B.H. 1964. Beberapa catatan tentang biologi bunga lada (piper nigrum L). pembrt.Balai besar penyelidikan pertanian. Bogor. Indonesia. 21 hal.

MAKMUR, A. 1988. Masalah pemuliaan tanaman lada. Cengkeh. Kelapa. dan kapas. Makalah Lokarya metode dan program pemuliaan tanaman lada, Kapas, cengkeh, dan kelapa. Puslitbangtri Bogor,20-22 Desember 1988. 4 hal. (tidak diterbitkan).




DOI: http://dx.doi.org/10.21082/bullittro.v8n2.1993.56-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats

Creative Commons License
Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bultro

Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BUL LITTRO) Editorial Office :

Indonesian Spices and Medicinal Crops Research Institute (ISMCRI)
Jl. Tentara Pelajar No. 3 Bogor, Indonesia 16111
Telp. (0251) 8321879, Fax. (0251) 8327010
E mail : buletintro@gmail.com
Website : http://balittro.litbang.pertanian.go.id