Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Sumberdaya Lahan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS JURNAL SUMBERDAYA LAHAN

Ruang Lingkup

Jurnal sumberdaya lahan terbit dua kali dalam setahun, memuat makalah tinjauan terhadap hasil-hasil penelitian yang berupa olah pikir analisis dan sintesis sejumlah hasil penelitian yang telah diterbitkan yang berkaitan dengan aspek lahan/ tanah, air, iklim, dan lingkungan. Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam penyuntingan di publikasi lainnya. Jurnal ini mempertahankan standar baku yang ketat tentang isi dan penyajian.

PENGAJUAN  NASKAH

Naskah diketik pada kertas ukuran A4, jarak ketikan dua spasi dengan huruf Times New Roman 12 point  dan maksimum 20 halaman termasuk gambar dan tabel. Jarak ketikan dari tepi kiri, kanan, atas dan bawah 3 cm. Naskah disusun dalam urutan sebagai berikut: judul (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), nama penulis dengan alamat instansinya, abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (200-300 kata), kata kunci (5-7 kata) dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pendahuluan, topik-topik yang dibahas, kesimpulan/penutup, dan daftar pustaka.

Naskah (print out dan file) dikirim ke Editor di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian, Jalan Tentara Pelajar No 12, Cimanggu, Bogor, Indonesia atau melalui surat elektronik ke

Email: jtibbsdlp@gmail.com

Makalah lebih disukai apabila dikirim secara online. Penulis dapat memengirimkannya melalui alamat website:

http://124.81.86.163/ojs/index.php/jti/user

Untuk pengiriman makalah secara online, penulis mendaftar ke sistem yang dipandu secara online.

PENYIAPAN NASKAH

Judul Naskah singkat, faktual, informatif, dan tidak lebih dari 15 kata. Judul tulisan merupakan suatu ungkapan yang dapat menggambarkan fokus masalah yang dibahas dalam tulisan tersebut dan ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tidak lebih dari 15 kata. Nama dan instansi tempat kerja penulis dicantumkan di bawah judul.

Abstrak merangkum  dan menjelaskan secara singkat seluruh isi naskah  dalam satu paragraf tidak lebih 300 kata.

Pendahuluan berisi pengantar atau paparan tentang latar belakang topik, ruang lingkup bahasan dengan meninjau secara singkat literatur, dan secara jelas menyatakan tujuan dan pentingnya review.

Topik bahasan disusun dengan urutan logika secara  sistematis, termasuk sintesis dan analisis dan sedapat mungkin mengggunakan gambar dan tabel pada bagian hasil. Misalnya, pengungkapan status perkembangan ilmu dan teknologi, penjelasan tentang perbedaan pendapat, pengungkapan konsepsi baru, pengungkapan pemecahan masalah untuk bahan kebijakan, dan pengungkapan aspek yang memerlukan pembuktian kebenarannya atau yang perlu memperoleh dukungan disiplin lain.

Kesimpulan dan Saran merupakan inti sari bahasan yang dapat berisi himbauan tergantung dari materi bahasan.

Ucapan Terima Kasih (bila ada) disajikan secara singkat (kurang dari 40 kata)

Lampiran dapat disajikan (jika perlu).

Daftar Pustaka berisi rujukan (sitiran) terbaru dan mutakhir yaitu rujukan yang terbit dalam 5-10 tahun terakhir. Pustaka primer diharapkan lebih banyak daripada pustaka sekunder. Jumlah rujukan tergantung pada luasnya topik atau banyaknya penelitian dari topik yang dibahas dan disarankan tidak kurang dari 30 rujukan yang relevan agar topik yang dibahas terdiri atas hasil penelitian yang cukup banyak.

Rujukan dalam teks menggunakan sistem nama-tahun dalam dua bentuk, Subandi (1990) atau (Subandi 1990). Jika lebih dari satu rujukan, rujukan harus disebutkan bersamaan dan ditulis dalam urutan tanggal; contohnya, (Partohardjono and Adiningsih 1991; Widjaja-Adhi 1995; Muljadi 1997). Jika lebih dari dua penulis, ditulis nama pertama dan diikuti et al.  Singkatan et al. TIDAK PERNAH digunakan dalam Daftar Pustaka. Semua rujukan harus disajikan dalam Daftar Pustaka. Berikut ini adalah contoh format acuan dasar:

Jurnal

Akhter, M. and C.H. Sneller. 1996. Yield and yield components of early maturing soybean genotypes in the mid-south. Crop Sci. 36: 877-882.

Buku

Bosc, A.N., S.N. Ghosh, C.T. Yang, and A. Mitra. 1991. Coastal Aquaculture Engineering. Oxford and IBH Pub. Co. Prt. Ltd., New Delhi. 365 pp.

Abstrak

Rusmana I., R.S. Hadioetomo 1991. Bacillus thuringiensis Berl. dari peternakan ulat sutera dan toksisitasnya. Abstrak Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia. Bogor, 2-3 Des 1991, A-26, hlm 26.

Artikel bagian dari Buku/ Bunga Rampai

Powers, D.A. and P.M. Schulte.1996. A molecular approach to selectionist/neutralist controversy. p. 327-352. In J.D. Ferraris and S.R. Palumbi (Eds.) Molecular Zoology: Advances, Strategies, and Protocols. Wiley-Liss, Inc.,Wilmington, Delaware (DE).

Skripsi/Disertasi/Tesis

Simpson, B.K. 1984. Isolation, Characterization, and Some Application of Tripsin from Greenland Cod (Gadus morhua). PhD Thesis. Memorial University of Newfoundland, St. John's, Newfoundland, Canada. 179 pp.

Prosiding

Tangendjaja, B. and E. Wina. 2000. Tannins and ruminant production in Indonesia. p. 40-43. In J.D. Brooker (Ed.) Tannins in Livestock and Human Nutrition. Proceedings of an International Workshop, Adelaide, Australia, 31 May-2 June, 1999. ACIAR Proceedings no. 92.

Pertemuan Ilmiah/Workshop

Chin, L.J., L.M. Tan, and K. Wegleitner. 2007. Occurrence of mycotoxins in feed samples from Asia. A continuation of the Bromin mycotoxin survey program. Paper presented in 15th Annual ASA-IM Southeast Asian Feed Technology and Nutrition Workshop, 27-30 May 2007,Bali-Indonesia.

Makalah kebijakan/Kertas Kerja

Heidhues, P. and B. Kassogi. 2005. The Impact of Consumer Loss Aversion on Pricing. Centre for Economic Policy Research Discussion Paper 4849.

Informasi dari Internet

Hawk, A. 2004. Mycotoxins. Proc. Grain Elevator and Processing Society (GEAPS). http://www.geaps. com/proceedings/2004/Hawk.ctm. (1 July 2008).

Personal Komunikasi (Private correspondence)

Tidak perlu disebutkan dalam pustaka tetapi harus disebutkan dalam naskah misalnya: (Z.Harahap, pers. com.).

Tabel diberi judul singkat dan jelas dengan memberi catatan bawah termasuk sumbernya

Gambar dan Grafik dibuat menggunakan tinta hitam pada kertas putih. Semua gambar disesuaikan dengan ukuran jurnal dan proporsional tanpa kehilangan detil. Gambar yang dibuat dengan microsoft office dapat dikirim dalam file utuh atau yang sudah dikonversi ke dalam bentuk file .tif. Setiap gambar diberi judul, diikuti oleh deskripsi singkat. Simbol-simbol singkatan yang terdapat dalam gambar harus dilengkapi dengan penjelasan. Setiap gambar dinamai dengan nama penulis, judul tulisan, dan nomor gambar. Foto yang dikirimkan harus memiliki kualitas baik dengan tingkat ketajaman yang cukup. 

Lain-lain: Redaksi hanya menerima naskah yang belum pernah dipublikasikan dan tidak dalam proses penerbitan pada publikasi lain. Dewan Redaksi melakukan koreksi dan perbaikan serta mengubah format sesuai dengan sifat Review yang informatif tanpa mengubah arti dari naskah. Dewan Redaksi akan mengembalikan naskah kepada penulis untuk diperbaiki sesuai dengan hasil koreksi redaksi. Naskah yang tidak dapat diterima dengan alasan sesuai dengan keputusan rapat Dewan Redaksi akan diberitahukan kepada penulis melalui surat. 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Where available, URLs for the references have been provided.
  2. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.