Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PENGAJUAN NASKAH

PERSYARATAN UMUM: Naskah yang diajukan belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dalam proses evaluasi publikasi lain; telah mendapat persetujuan dari ko-penulis, jika ada, sebagai pihak yang sama-sama bertanggung jawab terhadap naskah. Penerbit tidak akan bertanggung jawab terhadap klaim atau permintaan kompensasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan naskah.
Naskah hendaknya dikirim rangkap dua disertai dengan softcopy atau file elektronis dan diberi pengantar dari kepala unit kerja, serta dialamatkan kepada: Redaksi Pelaksana Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Indonesian Agricultural Research and Development Journal), Balai PATP, Jalan Salak No. 22, Bogor 16151, Telepon: (0251) 8382563, Faks.: (0251) 8382563, E-mail: jurnallitbang@gmail.com, website: http://www.bpatp.litbang.pertanian.go.id
Naskah yang diajukan harus dalam kondisi baik, diketik di atas kertas kuarto putih pada satu permukaan saja, memakai dua spasi. Pinggir kiri kanan tulisan disediakan ruang kosong minimal 3,50 cm dari pinggir kertas. Panjang naskah sebaiknya tidak melebihi 20 halaman termasuk tabel dan gambar.

RUANG LINGKUP: Jurnal ini memuat tinjauan (review) mengenai hasil-hasil penelitian yang telah diterbitkan, di-kaitkan dengan teori, evaluasi hasil penelitian lain dan atau ketentuan kebijakan, dengan ditujukan kepada pengambil kebijakan sebagai bahan pengambil keputusan. Permasalahan dibahas secara komprehensif serta bertujuan memberi infor-masi tentang teknologi pertanian di Indonesia.


PENYIAPAN NASKAH

BAHASA: Jurnal memuat artikel dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik. Pemakaian istilah supaya mengikuti Pedoman Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

BENTUK NASKAH:  Naskah disusun dalam urutan sebagai berikut: judul tulisan, nama penulis dan alamatnya, abstrak bahasa Indonesia dan Inggris (250 kata) dan kata kunci (bahasa Indonesia dan Inggris), pendahuluan, pokok masalah, kesimpulan dan saran (jika perlu), diakhiri dengan daftar pustaka.

JUDUL NASKAH: Judul harus singkat, faktual dan informatif, yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Judul tidak boleh lebih dari 15 kata.

NAMA PENULIS: Nama penulis serta nama lembaga (institusi) tempat kerja penulis disertai alamat lengkap, nomor telepon, faks, dan email dicantumkan di bawah judul. Bila penulis lebih dari seorang maka penulisan namanya mengikuti kode etik penulisan. Jika dirasa perlu, judul naskah dapat dilengkapi dengan subjudul untuk mempertegas maksud tulisan.

ABSTRAK: Abstrak merupakan ringkasan elemen-elemen terpenting dari naskah, ditulis dalam satu paragraf tidak lebih dari 250 kata. Abstrak harus dapat menggambarkan dengan ringkas mengenai masalah, tujuan penulisan, dan kesim-pulan. Hindari singkatan dan referensi di dalam abstrak.


KATA KUNCI: Minimal tiga sampai lima kata kunci yang terdiri atas satu kata atau gabungan kata yang menunjukkan subjek-subjek utama di dalam naskah.

PENDAHULUAN: Memuat latar belakang, perumusan masalah, tujuan, dan sitasi pustaka yang relevan.

PEMBAHASAN: Pembahasan merujuk pada KTI tinjauan (review) yang berkaitan dengan hasil-hasil penelitian pertanian pangan hortikultura, perkebunan, peternakan, dan veteriner yang telah diterbitkan, dikaitkan dengan teori, evaluasi hasil penelitian dan atau ketentuan kebijakan, yang ditujukan kepada pengguna meliputi pengambil kebijakan, praktisi, akademisi, penyuluh, mahasiswa dan pengguna umum lainnya. Pembahasan ditulis dengan ringkas, fokus pada interpretasi dari hasil yang diperoleh, dan bukan merupakan pengulangan dari bagian hasil. Pembahasan dilakukan secara komprehensif serta bertujuan memberi informasi tentang perkembangan teknologi pertanian di Indonesia, pemanfaatan, permasalahan dan solusinya. Ruang lingkupnya bahasan meliputi bidang ilmu: pemuliaan, bioteknologi perbenihan, agronomi, ekofisiologi, hama dan penyakit, pascapanen, pengolahan hasil pertanian, alsitan, sosial ekonomi, sistem usaha tani, mikro biologi tanah, iklim, pengairan, kesuburan, pakan dan nutrisi ternak, integrasi tanaman-ternak, mikrobiologi hasil panen, konservasi lahan.

 

KESIMPULAN: Uraian singkat dalam bentuk kalimat utuh yang menjawab tujuan dan permasalahan penelitian, dan dilengkapi dengan saran atau implikasi.

 

UCAPAN TERIMA KASIH: Ditujukan kepada pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan kegiatan atau pendanaan.


SATUAN PENGUKURAN: Satuan ukuran di dalam teks dan grafik memakai sistem metrik, misalnya dalam satuan mikron, mm, cm, km, untuk panjang; cm3, liter untuk volume; dan g, kg, ton untuk berat. Pemakaian satuan pikul, kuintal, dan lain sebagainya supaya dihindari.

TABEL: Tabel hendaknya diberi judul singkat tetapi jelas dengan catatan secukupnya, termasuk sumbernya, se-demikian rupa sehingga setiap tabel mampu menjelaskan informasi yang disajikan secara mandiri. Setiap tabel diberi nomor secara berurutan dan diulas di dalam teks.


GAMBAR DAN GRAFIK: Gambar dan grafik dibuat dengan garis cukup tebal sehingga memungkinkan penciutan dalam proses mencetak. Semua simbol dan singkatan dalam gambar dan grafik harus dijelaskan. Seperti halnya pada tabel, ke-terangan pada grafik harus mencukupi agar dapat disajikan secara mandiri. Gambar dan grafik harus diulas dalam teks.  Foto hitam putih atau berwarna hendaknya mempunyai kualitas yang baik.


SITIRAN PUSTAKA: Pustaka disusun menurut abjad berdasarkan nama (keluarga) penulis pertama. Setiap pustaka yang tercantum pada daftar pustaka harus dikutip (disitir) pada teks, dan sebaliknya setiap kutipan (sitasi) harus dicantumkan dalam daftar pustaka.  
Jumlah sitiran pustaka minimal 25 buah. Pustaka primer dari beberapa penulis diharapkan lebih banyak daripada pustaka sekunder, dan pustaka dari dalam negeri lebih banyak daripada pustaka dari luar negeri. Naskah dengan banyak pustaka dari luar negeri dapat diterima jika masalah yang dibahas bermanfaat atau berdampak langsung terhadap Indonesia. Kebaruan pustaka diupayakan 10 tahun terakhir.  
Penulisan pustaka pada teks menggunakan sistem "nama-tahun" dengan dua bentuk, misalnya Hakim dan Sutarman (1991) dan (Hakim dan Sutarman 1991). Jika lebih dari satu pustaka disebutkan bersama-sama maka penulisannya disusun berdasarkan tahun terbit. Contohnya, (Harahap 1993; Roesdiyanto dan Purwantini 2001; Simanjuntak 2002; Setioko 2003; Suparyanto 2004). Jika terdapat lebih dari dua penulis maka nama (keluarga) penulis pertama diikuti dengan et al. Namun et al. tidak boleh digunakan dalam Daftar Pustaka walaupun dapat digunakan di dalam teks. Semua nama penulis dan nama editor harus ditulis secara lengkap pada Daftar Pustaka. Referensi yang tidak diterbitkan supaya dihindari.
Contoh format referensi:

Artikel Jurnal (Jurnal Primer)
Baliyadi, Y., W. Tengkano, Bedjo, dan Purwantoro. 2008. Validasi rekomendasi pengendalian hama terpadu kedelai di lahan sawah dengan pola pergiliran tanaman padi-kedelai-kedelai. Agritek 16(3): 492-500.

Buku
Norris, R.F., E.P. Caswell-Chen, and M. Kogan. 2003. Concepts in Integrated Pest Management. Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey. 586 pp.

Artikel dalam Buku
Marwoto. 2007. Potensi ekstrak daun Aglaia odorata untuk pengendalian hama polong kedelai. hlm. 396-404. Dalam D. Harnowo, A.A. Rahmiana, Suharsono, M.M. Adie, F. Rozi, Subandi, dan A.K. Makarim (Ed.). Peningkatan Produksi Kacang-Kacangan dan Umbi-Umbian Mendukung Keman-dirian Pangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Bogor.

Tesis/Disertasi
Doda, J. 1980. Studi Kelimpahan dan Keragaman Jenis Serangga di Daerah Pertanian Desa Transmigrasi Mopuya Kabupaten Bolaang Mengondow (Sulawesi Utara). Tesis Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. 107 hlm.

Naskah Prosiding
Ardiwinata, A.N., W. Tengkano, dan M. Iman. 1997. Senyawa kimia tanaman inang penarik imago Etiella zinckenella dan Heliothis armigera. hlm. 368-376. Dalam M. Arifin, Soetrisno, D. Soetopo, I.W. Laba, Harnoto, A. Kusmayadi, Siswanto, I.M. Trisawa, dan D. Koswanudin (Ed.). Prosiding Seminar Nasional Tantangan Entomologi pada Abad XXI, Bogor, 8 Januari 1997. Perhimpunan Entomologi Indonesia Cabang Bogor dan Proyek Pengendalian Hama Terpadu.

Naskah Konferensi
Chin, L.J., L.M. Tan, and K. Wegleitner. 2007. Occurrence of mycotoxins in feed samples from Asia. A continuation of the bromin mycotoxins survey program. Paper presented in 15th Annual ASA-IM Southeast Asian Feed Technology and Nutrition Workshop, 27-30 May 2007, Bali-Indonesia.

Naskah Laporan Hasil Penelitian
Tengkano, W., D. Soekarna, E. Surachman, dan M. Roovers. 1977. Fluktuasi serangan hama penting pada berbagai stadia pertumbuhan tanaman kedelai varietas Orba MK 1973-MP 1974/1975. Laporan Kemajuan Penelitian Seri Hama/Penyakit No. 10: 8-29.

Naskah online
Brown, W.L. 2007. Bioprospecting. Missouri Botanical Garden. http://www.wlbcenter.org/bioprospecting. htm#. [17 September 2007].



MEKANISME SELEKSI NASKAH

Redaksi melakukan koreksi dan perbaikan serta mengubah format sesuai dengan sifat jurnal yang informatif tanpa mengubah arti dari naskah. Redaksi akan mengembalikan naskah kepada penulis untuk diperbaiki sesuai dengan hasil koreksi redaksi serta naskah yang tidak dapat diterima dengan alasan sesuai dengan keputusan Dewan Redaksi. Penulis diharapkan segera mengembalikan perbaikan naskah agar dapat diterbitkan pada waktunya. Contoh cetak naskah sebelum terbit akan dikirimkan ke penulis untuk mendapatkan persetujuan. Kepada setiap penulis diberikan dua eksemplar jurnal ditambah 5 eksemplar reprint.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Open Access).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan dari jurnal ini dan tidak akan dibuat tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.