PROTOTIPE PERPUSTAKAAN RAMAH ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISLAM BALESARI KABUPATEN MAGELANG: BEST PRACTICE

Dicki Agus Nugroho, Sri Haryati

Abstract


Perpustakaan sekolah di Indonesia umumnya belum berkembang dan kondisinya memprihatinkan sehingga fungsi perpustakaan belum dapat berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini terjadi pula di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Islam Balesari, Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan masalah tersebut, perlu adanya Program Membangun Prototipe Perpustakaan Ramah Anak. Program ini diadopsi dari Perpustakaan Sekolah Room To Read dan berbagai literatur. Pengkajian ini menjelaskan enam tahap pembangunan perpustakaan ramah anak, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hasil pelaksanaan, (4) monitoring dan evaluasi, (5) dampak pelaksanaan, dan (6) perubahan sebagai akibat pelaksanaan program. Melalui enam tahap tersebut berhasil dibangun Perpustakaan Ramah Anak di MI Al-Islam Balesari, yang memiliki ruang perpustakaan yang nyaman dan area membaca. Melalui program tersebut juga dilakukan aktivitas pembiasaan membaca, pelayanan jasa sirkulasi, penataan buku pada rak, dan terciptanya kesadaran kepala sekolah dan guru terhadap peran perpustakaan di sekolah. Program ini perlu disebarluaskan karena masih banyak perpustakaan sekolah dasar yang membutuhkan pendampingan dalam pengembangan perpustakaan. Hasil kajian ini dapat diadopsi untuk membangun perpustakaan ramah anak di sekolah dasar lainnya.

Keywords


Pendampingan; perpustakaan ramah anak; pengabdian; perpustakaan sekolah; pengembangan perpustakaan; prototipe

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2015. Jumlah Sekolah Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta: BPS. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1810/ [20 Agustus 2017].

Hadna, I.N. 2016. Manajemen Mahasiswa Part-Time: Best Practice Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pustakaloka 8(6): 71-92. http://jurnal.stainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/download/452/373. [16 Agustus 2017].

Kompas. 2013. 10 Pelajaran hidup berharga dari Nelson Mandela. http://lifestyle.kompas.com/read/2013/12/06/1219107/10.Pelajaran.Hidup.Berharga.dari.Nelson.Mandela [16 Agustus 2017].

Kompas. 2017. Sekolah didorong hidupkan perpustakaan. https://kompas.id/baca/dikbud/2017/08/07/sekolah-didorong-hidupkan-perpustakaan/ [16 Agustus 2017].

Room To Read. 2015. Scaling Positive Impact: Establishing Libraries and Publishing Children’s Books with Partners in Indonesia. Jakarta: ProVisi Education.

Sudarsono, B. 2015. Perpustakaan sekolah: Suatu keniscayaan dalam penyelenggaraan pendidikan formal. Jurnal Acara Pustaka 1(2): 80-93.

Sukarno. 2016. IbM Universitas Tidar 2016 bagi Masyarakat Desa Balesari melalui Program Pendampingan Optimalisasi Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtida’iyah. Magelang: Universitas Tidar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jpp.v26n2.2017.p68-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Perpustakaan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.