Disabilitas Netra dalam Berliterasi Informasi

Syifa Adiba, Febriyanto Febriyanto, Rama Shellarasa, Saiful Afidhan

Abstract


Tulisan ini membahas literasi informasi pada disabilitas netra yang berkaitan erat dengan layanan buku Braille dan buku digital pada Perpustakaan Yayasan Mitra Netra. Penulisan ini dilatari oleh masih banyaknya anggapan bahwa kaum tunanetra tidak berhak mendapat informasi seperti manusia normal, terutama di Indonesia. Tujuan penulisan adalah untuk mendeskripsikan literasi informasi disabilitas netra melalui buku Braille dan buku digital yang diharapkan menjadi media informasi bagi kaum tunanetra. Kesimpulannya, dalam melakukan literasi informasi, kaum tunanetra juga memiliki hak yang sama dengan bukan tunanetra. Selain perpustakaan yang menyediakan buku Braille dan buku digital, masyarakat juga dapat berpartisipasi aktif membantu tunanetra dalam mengakses informasi untuk meningkatkan literasi informasi disabilitas netra.


Keywords


Tunanetra; Perpustakaan Yayasan Mitra Netra; buku Braille; buku digital; literasi informasi

Full Text:

PDF

References


Aziz, S. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustaka Difabel. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Diao, A.L., Gunawan, A.W., Anwar, D.A., Kusuma, S., dan Adriyanto, S. (2014). Literasi Informasi: 7 Langkah Knowledge Management. Jakarta: Universitas Atmajaya.

Febriyanti, R. (2012). Pengembangan Koleksi Yayasan Mitra Netra Jakarta. Depok. Universitas Indonesia.

Febriyanto., Adiba, S., & Salim, T.A. (2018). Vision Loss and Blindness Students Information Literacy: A Case Study on Mitra Netra Library. Congress of Southeast Asian Librarians Naypyitaw, Myanmar, May 2-5, 2018.

Martin, W. J. (1995). The Global Information Society. England: Aslib Gower.

Mulyanti, D. & Nawawi, A. (2019). Kebutuhan literasi peserta didik tunanetra di SLBN-A Citeureup Kota Cimahi. Jassi Anakku, 19(1), 17-24.

Rachma, D.N. (2016). Peranan Perpustakaan dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Informasi bagi Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra (SLB-A) Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra (PRPCN) Palembang (Skripsi) (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Rezeki, D.S. & Hermawan. (2014). Studi Akan Penggunaan Komputer Braille pada Pembelajaran Anak Tuna Netra pada Mahasiswa PLB FKIP UNS. Universitas Sebelas Maret: Artikel.

Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Surakhmad, W. (1980). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, metode dan teknik. Bandung. Tarsito.

Sutarno, N.S. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Yayasan Mitra Netra. (2014a). “Siapa itu Mitra Netra?” http://www.Mitra Netra.or.id/default.asp?page=content&id=13 [6 April 2014]

Yayasan Mitra Netra. (2014b). “Daisy Indonesia.” http://www.Mitra Netra.or.id/daisy/ [6 April 2014]




DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jpp.v28n1.2019.p1-6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Perpustakaan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perpustakaan Pertanian (JPP) by http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jpp is licenced under a http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ 

Publisher:Indonesian Center for Agriculural Library and Technology Dissemination

Jalan Ir. H. Juanda No. 20 Bogor 16122

P-ISSN : 0854-1078

E-ISSN : 2541-0814

 

View My Stats