STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA KERINCI YANG BERDAYA SAING DI PROVINSI JAMBI

Erwan Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman serta kekuatan dan kelemahan pada usahatani kopi arabika Kerinci, sehingga dapat ditentukan posisi dari usahatani dan memformulasikan strategi pemasaran yang baik bagi petani yang berusahatani kopi sesuai dengan kondisi eksternal dan internal yang dihadapi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oppotunities, Treat) dimana data yang dikumpulkan terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan kuisioner dengan pertanyaan model multi atribut yang berjumlah 20 orang serta data sekunder yang diperoleh dari catatan, buku panduan serta literatur lain yang berkaitan dengan usahatani kopi arabika yang ada di Provinsi Jambi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pasar yang sangat terbuka karena permintaan kopi arabika asal Kerinci memiliki aroma yang khas dan disamping itu minuman kopi buat masyarakat Jambi sudah menjadi budaya dan hal ini terbukti dari hasil analisis SWOT yang menunjukkan hasil masih relevan dengan kondisi pasar yaitu memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar dibanding kelemahan dan ancamannya, jadi strategi yang diterapkan di masa mendatang adalah strategi mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar strategi pemasaran kopi arabika lebih optimal antara lain: menjaga kualitas produk, melakukan racikan kopi yang memiliki rasa yang khas, meningkatkan kualitas pelayanan, mengadakan promosi yang lebih luas.

Keywords


strategi, kopi, aroma, pasar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


AEKI. 2013. Luas dan Areal Produksi. Internet. [artikel on-line]. http://www.aekiaice.org/page/areal-dan-produksi/id. Diunduh tanggal 1 Juli 2016.

Badan Intelejen Negara. 2012. Prediksi dan tantangan Sektor Pertanian Indonesia Tahun 2013. Internet. [artikel on-line].http://www.bin.go.id//wawasan/detil/155/3/29/10/2012/prediksi-dan-tantantangan-sektor pertanian indonesia-tahun-2013. Diunduh tanggal 1 Juli 2016.

Basu. Swastha dan Irawan, 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Chandra G. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta, Andi Offset.

Cravens, D.W.1994. Strategic Marketing, 4th Edition, Burr Ridge, Irwin Inc. Illinois.

David,F.R. 2004. Manajemen Strategi: Konsep-konsep. Jakarta: Indeks.

Dewi, N. Wardani, OS. Sarjana, I. 2016. Strategi Pemasaran Kopi Pada Perusahaan Kopi Banyuatis. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Diunduh pada http://ojs.unud.ac.id/index.php/ JAA pada tanggal 1 juli 2016.

Dinas Perkebunan Provinsi Jambi.2015. Peluang Investasi Komoditas Perkebunan. Jambi.

Dinas Perkebunan Provinsi Jambi.2016. Peluang Investasi Komoditas Kopi. Jambi.

Irawan dan Wijaya. F, 1996, Pemasaran Prinsip dan Kasus, BPFE, Yogyakarta

Iskandar. 2008. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta; Gaung Persada Group.

Kotler, P. 2000. Marketing Manajement: The Milinium Edition. Prentice-Hall Internasional, Inc., New Jersey.

Maryana, IK, Ustriyana, ING, Parining, N, 2015. Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Lumbung Mas Kelurahan Beng Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. Diunduh pada http://ojs.unud.ac.id/index.php/ JAA pada tanggal 1 juli 2016.

Ningrum, 2010. Lingkungan Internal maupun Eksternal. Diunduh pada http://ejournal.undip.ac.id, pada tanggal 1 Juli 2016.

Prastowo, B, Sriyanto dan Rubijo. 2010. Budidaya dan Pascapanen Kopi. Penerbit Eska Media bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Perkebunan. Bogor.

Rangkuti, F, 2003. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia. Pustaka Utama. Jakarta.

Wahyudi, E, Adri dan Endrizal, 2015. Strategi Pemasaran Dodol Nanas Tangkit di Muaro Jambi. Prosiding Seminar Nasional. Optimasi Potensi sumberdaya Lokal Menghadapi MEA 2016. Kerjasama Program studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jpptp.v21n3.2018.p277-287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Alamat Redaksi

Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (JPPTP)


Jalan Tentara Pelajar No. 10 Bogor, Indonesia
Telepon : (0251) 8351277
Fax       :  (0251) 8350928
E-mail    : jpptp06@yahoo.com
Website  : http://www.bbp2tp.litbang.pertanian.go.id