Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian

P-ISSN : 1410-959x
E-ISSN : 2528-0791

Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (JPPTP) adalah media ilmiah penyebaran hasil penelitian dan pengkajian teknologi pertanian untuk menunjang pembangunaun pertanian wilayah. Jurnal ini memuat hasil penelitian dan pengkajian primer inovasi pertanian, khususnya yang bernuansa spesifik lokasi. Jurnal ini diterbitkan secara periodik tiga kali dalam satu tahun. JPPTP sudah diindeks oleh Google Scholar

 Logo IPI   


Journal Homepage Image

PEDOMAN BAGI PENULIS
  1. Naskah: Redaksi hanya menerima naskah primer hasil penelitian/pengkajian yang belum pernah diterbitkan dan tidak dalam proses penerbitan pada media lain, dibuktikan dengan surat pernyataan keaslian naskah.
  2. Bahasa: Menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baku. Pemakaian istilah disesuaikan dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  3. Bentuk Naskah: Naskah diketik dengan MS Word, huruf Time New Roman 12 pt, dua spasi. Jumlah tulisan maksimal 20 halaman, ukuran kertas A4, termasuk Tabel, Gambar, dan Daftar Pustaka.
  4. Struktur Penulisan:
    1. Judul: Spesifik, jelas, ringkas, informatif, tidak lebih dari 15 kata. Dimungkinkan ada judul utama, diikuti dengan penjelasan judul (sub judul). Hindari pemilihan judul yang terlalu umum.
    2. Nama dan Alamat Penulis: Nama ditulis lengkap tidak disingkat, tanpa menyebutkan gelar, dilengkapi nama instansi dan alamatnya.
    3. Abstrak dan Kata Kunci: Abstrak memuat unsur-unsur permasalahan pokok, tujuan penelitian/pengkajian, penggunaan  metode/metodologi, dan pernyataan singkat kegiatan yang sudah dilakukan serta hasil serta prospeknya. Ditulis paling banyak 250 kata, dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kata Kunci, merupakan kata/istilah yang paling menentukan/inti dalam tulisan, mengandung pengertian suatu konsep. Dapat berupa kata tunggal dan kata majemuk, terdiri dari tiga sampai lima kata.
    4. Pendahuluan: Disampaikan secara spesifik, memuat latar belakang, permasalahan atau rumusan masalah, tujuan dan manfaat.
    5. Metode/Metodologi: Memuat unsur lokasi dan waktu, rancangan penelitian/pengkajian meliputi penentuan/penetapan parameter/peubah; metode pengumpulan data (sampling method), metode pengolahan dan analisis data. Penyajian metode memerlukan acuan pustaka. Uraian agar mencantumkan rumusan matematis yang hasil numeriknya dapat divalidasi. Penyajian metode harus cukup terperinci sehingga dapat diulangi (repeatability).
    6. Hasil dan Pembahasan: Memuat tampilan dalam bentuk tabulasi data; analisis dan evaluasi terhadap data sesuai formula hasil kajian teoritis yang dilakukan; dan interpretasi hasil analisis.
    7. Kesimpulan: Merupakan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh atau dalam bentuk butir-butir kesimpulan secara berurutan. Hindari melakukan tulisan ulang dari pembahasan dan bukan ringkasan. Kesimpulan harus menjawab permasalahan penelitian/pengkajian.
    8. Saran (opsional): Apabila diperlukan saran dapat berisi rekomendasi tindak lanjut nyata atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh.
    9. Ucapan Terimakasih (opsional): Sebagai wujud penghargaan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan naskah atau dalam  penelitian/pengkajian. Bisa secara organisasi/institusi, pemberi donor atau individu.
    10. Daftar Pustaka: Memuat pustaka  yang diacu dalam naskah. Kemutahiran pustaka yang diacu paling lama dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, tergantung bidang keilmuannya. Sumber acuan berjumlah paling sedikit sepuluh dan acuan primer paling sedikit 80% dari total acuan. Komunikasi pribadi (personal communication) dapat menjadi acuan, tetapi tidak termasuk acuan primer dan tidak dicantumkan dalam Daftar Pustaka.
    1. Penyerahan Naskah: Naskah dikirim melalui e-mail Dewan Redaksi JPPTP, disertai Surat Pengantar Kepala Unit Kerja dan Surat Pernyataan Keaslian Naskah sebagaimana dikemukakan pada butir 1.
    2. Cetak Lepas: Sebelum pencetakan, Dewan Redaksi memberikan cetak lepas kepada penulis untuk konfirmasi.