Preferensi Konsumen Hotel terhadap Bunga Potong Gerbera

- Nurmalinda, A Yani

Abstract


Gerbera merupakan salah satu jenis bunga potong yang banyak diminta pasar. Dilihat dari besarnya
penjualan bunga potong gerbera di pasar bunga Rawabelong, berarti terbuka peluang bagi petani untuk meningkatkan
produksi bunga potong tersebut. Namun demikian, satu hal yang harus diperhatikan bahwa jenis bunga potong
gerbera cukup banyak, sehingga perlu dipilah jenis-jenis yang paling disukai konsumen. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui preferensi konsumen hotel terhadap bunga potong gerbera. Penelitian dilakukan di hotel-hotel
berbintang 4 dan 5 di wilayah DKI Jakarta, pada bulan September 2005-Februari 2006. Pemilihan hotel berbintang 4
dan 5 adalah dengan pertimbangan bahwa hotel tersebut merupakan sentra kegiatan pelaku bisnis yang menggunakan
rangkaian bunga segar sebagai dekorasi ruangan. Responden penelitian adalah konsumen antara, yaitu floris-floris
hotel yang menyediakan bunga untuk dekorasi ruangan hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling
memengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian bunga potong adalah pendidikan. Dari sisi produk, gerbera
yang banyak dicari konsumen adalah yang berkualitas tetapi harga tidak terlalu mahal dan diantar ke tempat oleh
supplier. Promosi bunga melalui pameran merupakan salah satu kemudahan bagi responden untuk mendapatkan
informasi mengenai bunga potong umumnya dan gerbera khususnya. Selain itu, konsumen floris menyukai gerbera
introduksi yang sudah lama dikembangkan di Indonesia atau sering disebut sebagai jenis lokal, semua warna, ukuran
bunga sedang, ketahanan bunga sekitar 5 hari.

ABSTRACT. Nurmalinda and A. Yani. 2009. Hotel Consumer Preference on Gerbera Cut Flower. Gerbera
is one of cut flowers that has high market demand. High selling of gerbera cut flower in Rawabelong is a signal for
farmers to increase their production. However, it should be noted that the type of gerbera is quite a lot. Therefore,
farmer should be aware of the type of gerbera mostly desired. This study was intended to examine hotel consumer
preference on gerbera cut flower. The research was carried out in 4 and 5 star hotel in Jakarta from September 2005
to February 2006. Ten of 4 star hotels and 9 of 5 star hotels were selected purposively based on the potential of
bussinesmen using flower arrangement for room decoration. The florists of these hotels who provided flower for
room decoration were chosen as respondents. The results indicated that the main factor influenced the consumers
to buy flower was education. In term of product, gerbera mostly demanded by consumers was of best quality, with
reasonable price, and delivered by supplier. Flower exhibition provided an easy opportunity to get information on
cut flowers in general and especially for gerbera. Furthermore, florist prefered gerbera that has been introduced and
developed in Indonesia for decades, or so called local variety of all color, medium size, 5 days vaselife.


Keywords


Gerbera; Cut flower; Consumer preference; Hotel; Room decoration

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jhort.v19n4.2009.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2013 Indonesian Center for Horticulture Research and Development

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Hortikultura (J.Hort) has been indexed :

         

===================================================================================================================

 Creative Commons License
Junal Hortikultura is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jhort
Permissions beyond the scope of this license may be available at www.litbang.pertanian.go.id.

Indonesian Center for Horticulture Research and Development

Jl. Tentara Pelajar No. 3C Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu Bogor 16124, Indonesia
Telp.  +62 251-8372096, 7565366, (Ext. 324) (Hunting System)
Faks.  +62 251-8387651, 8575664, 8372096
E-mail: redaksi.jhorti@gmail.com

ISSN: 0853-7097
E-ISSN: 2502-5120

 

free web stats

View My Stats