Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jurnal Enjiniring Pertanian?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PEDOMAN BAGI PENULIS

Jurnal Enjiniring Pertanian (JEP)

 

Ketentuan Umum 

  1. Naskah yang ditulis untuk JEP merupakan tulisan ilmiah dari hasil perekayasaan dan penelitian dan bukan memuat tulisan review ataupun kajian ilmiah.
  2. Naskah yang akan dipublikasikan di JEP memuat hasil perekayasaan dan penelitian di bidang : a) mekanisasi budidaya pertanian; b) mekanisasi pascapanen pertanian; c) mekanisasi biorefinery dan energi di bidang pertanian; d) automatisasi dan sistem informasi; e) irigasi di bidang pertanian; f) bangunan pertanian serta;  g) sistem analisis dan manajemen keteknikan pertanian.
  3. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris menggunakan format yang sesuai dengan kaidah bahasa yang digunakan.  Editor tidak menerima naskah yang tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  4. Penentuan layak tidaknya naskah yang akan dipublikasikan ditentukan oleh Dewan Editor JEP.
  5. Naskah harus dikirimkan melalui sistem online pada laman jurnal JEP dengan alamat: http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jep. Bagi yang belum pernah registrasi, silahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu
  6. Hak cipta tulisan yang dimuat ada pada Jurnal Enjiniring Pertanian (JEP).  
  7. Saat mengirimkan naskah diwajibkan juga untuk mengirimkan surat pernyataan Etika Publikasi dan Pengalihan Hak Cipta Publikasi Ilmiah. Pernyataan etika publikasi dan pengalihan hak cipta publikasi ilmiah tersebut diharapkan untuk dibaca, dipatuhi dan ditandatangani sebelum dikirimkan. Format surat pernyataan yang lebih detail dapat diunduh pada laman jurnal.
  8. Setiap naskah di JEP akan direview oleh minimal 3 orang reviewer dengan sistem double blind review.
  9. Penulis naskah yang naskahnya telah dinyatakan diterima dengan atau tanpa revisi oleh tim redaksi  dan reviewers, tidak dikenai biaya apapun untuk penerbitan naskah.
  10. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak-coba dikerjakan oleh redaksi dan/atau dengan melibatkan penulis. Naskah yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh redaksi jika diketahui bermasalah.
  11. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.
  12. Jadwal penerbitan adalah bulan April dan Oktober

 

 

Standar Penulisan

  1. Naskah diketik menggunakan huruf Times New Roman dengan jarak spasi: 1.5.  Naskah diketik di atas kertas A4, dengan batas margin pada keempat sisi adalah 3 cm, dan jumlah halaman maksimal 20 halaman.
  2. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word, gambar menggunakan JPEG atau TIFF, jika ada grafik, lampirkan juga file masternya/Microsoft Excel.  
  3. Gambar dan tabel dituliskan secara terpisah, namun pada naskah diberikan keterangan penempatan gambar dan tabel. File gambar dan tabel, serta file master grafik diunggah di laman jurnal pada saat submit naskah.
  4. Naskah disusun dengan urutan: judul, nama penulis, instansi penulis beserta alamat lengkap instansi setiap penulis, alamat e-mail untuk korespondensi, abstrak (Indonesia dan Inggris), pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, ucapan terima kasih (kalau ada) dan daftar pustaka. Format penulisan dapat diunduh pada Template Penulisan di laman jurnal JEP.
  5. Satuan pengukuran yang dipakai adalah Sistem Internasional (SI).
  6. Penulisan angka desimal untuk Bahasa Indonesia dengan koma (,) dan untuk Bahasa Inggris dengan titik (.).
  7. Penulisan sumber referensi dan perujukan atau pengutipan teks menggunakan gaya APA (American Psychological Association).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.