Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Forum penelitian Agro Ekonomi?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PERSYARATAN UMUM: Redaksi hanya menerima naskah yang belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses evaluasi penerbitan pada publikasi lain. Naskah tersebut harus sesuai dengan misi Forum penelitian Agro Ekonomi (FAE) yaitu sebagai media ilmiah komunikasi hasil penelitian yang berisi review hasil penelitian sosial ekonomi pertanian di Indonesia. FAE memuat “critical review” hasil-hasil penelitian para peneliti Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian dan lembaga lainnya. FAE juga menampung naskah-naskah yang berupa gagasan-gagasan ataupun konsepsi-konsepsi orisinal dalam bidang sosial ekonomi pertanian.

Naskah diketik dengan MS Word dengan huruf Times New Roman, font ukuran 12 dan jarak 2 (dua) spasi serta abstrak 1 (satu) spasi. Panjang naskah minimum 20 halaman dan maksimum 25 halaman termasuk tabel, gambar, perhitungan dan literatur.

Naskah hendaknya dikirim rangkap tiga disertai dengan softcopy serta dialamatkan kepada Redaksi Pelaksana Forum penelitian Agro Ekonomi/Subbidang Pendayagunaan Hasil, Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP), Lt. III Gedung A. Kampus Penelitian Cimanggu Jl. Tentara Pelajar No. 3B, Kota Bogor 16111
Telp. (0251) 8333964 ext. 300-301, Faks.  (0251) 83144966, E-mail: faepsekp@gmail.com, website: http://pse.litbang.pertanian.go.id

BAHASA: Gunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baku. Pemakaian istilah asing hendaknya dikurangi/disesuaikan dengan Pedoman Bahasa Indonesia.

BENTUK NASKAH: Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut: Judul Naskah, Nama Penulis, Nama dan Alamat Instansi, baik Pos maupun elektronik (E-mail), Abstrak, Kata Kunci dalam 2 bahasa (Inggris dan Indonesia), Pendahuluan, Sub-sub Topik Bahasan, Penutup dan diakhiri dengan Daftar Pustaka.

JUDUL NASKAH: Judul merupakan ungkapan yang mencerminkan isi naskah bersifat spesifik, efektif dan tidak terlalu panjang (10-15 kata).

NAMA PENULIS DAN INSTANSI: Nama Penulis ditulis secara lengkap di bawah judul tanpa menyebut gelar, diikuti di bawahnya nama lembaga tempat penulis bekerja yang ditulis lengkap beserta alamat pos dan elektronik (e-mail). Jika penulis terdiri lebih dari satu orang dengan alamat yang sama, maka pencantuman satu alamat telah dianggap cukup untuk mewakili alamat penulis lainnya.

ABSTRAK:  Setiap naskah dilengkapi Abstrak yang terdiri dari dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris. Abstrak merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan. Abstrak ditulis paling banyak 150 kata dalam bahasa Inggris dan 250 kata dalam bahasa Indonesia.

KATA KUNCI. Pemilihan Kata Kunci (4-5) kata mengacu pada deskriptor yang tercantum dalam AGROVOC. Apabila istilah yang dipilih tidak terdapat dalam AGROVOC, maka Thesaurus lain atau kamus istilah dapat dipakai sebagai rujukan.

PENDAHULUAN berisi: latar belakang/masalah, tujuan penelitian

SUB–SUB TOPIK BAHASAN berisi: bab/sub bab yang merupakan isi utama dari makalah yang sesuai dengan judul. Pada pembahasan ini disusun secara sistematis dan koheren.

TABEL:  Tabel diberi judul singkat, jelas dan diikuti keterangan tempat dan waktu pengambilan data dan diletakkan diatas tabel. Jumlah digit yang dipergunakan untuk parameter estimasi 4 (empat) digit di belakang koma, sedangkan untuk parameter lain 2 (dua) digit di belakang koma.

GAMBAR DAN GRAFIK:  Gambar dan grafik harus dicetak tebal sehingga memungkinkan direduksi antara 50 – 60 persen dari gambar dan grafik asli. Judul gambar dan grafik diletakkan dibawahnya tanpa mempengaruhi bagian gambar dan grafik.

SATUAN PENGUKURAN:  Satuan pengukuran dalam teks, grafik dan gambar memakai sistem metrik misalnya cm, km dan lain sebagainya.

PENUTUP: disampaikan secara ringkas dan padat

DAFTAR PUSTAKA: Kutipan Pustaka di dalam teks harus ada di dalam Daftar Pustaka dan sebaliknya setiap Pustaka yang tercantum dalam Daftar Pustaka harus dikutip pada teks. Daftar Pustaka disusun menurut abjad dengan urutan nama pengarang, tahun, judul karangan, nama majalah, volume, nomor, halaman, penerbit dan kota penerbit. Jika di dalam teks terdapat lebih dari dua penulis, maka nama (keluarga) penulis pertama diikuti dengan et al. Namun et al. tidak boleh digunakan dalam Daftar Pustaka, harus ditulis secara lengkap semua nama penulis dan nama editor. Referensi yang tidak diterbitkan supaya dihindari. Dianjurkan pengacuan Pustaka 80 persen terbitan 5 tahun terakhir dan  80 persen  berasal  dari sumber acuan primer. Jumlah Pustaka yang diacu minimal 25 buah.

Penulisan pustaka pada teks menggunakan sistem nama-tahun dengan  dua bentuk, misalnya Kariyasa dan Kasryno (2004) dan (Kariyasa dan Kasryno, 2004). Jika lebih dari satu pustaka disebutkan bersama-sama maka penulisannya disusun berdasarkan tahun terbit. Contohnya, Arifin, 2012; Fauziah, 2013; Rahman, 2014)

Contoh Format Daftar Pustaka:

Artikel Jurnal  (Jurnal Primer)

Hutabarat, B. 2011. Perdagangan Bebas Wilayah ASEAN-China: Implikasinya Terhadap Perdagangan dan Investasi Pertanian Indonesia. Analisis Kebijakan Pertanian 9(1): 19-31.

Buku

Syahyuti. 2011. Gampang-Gampang Susah Mengorganisasikan Petani: Kajian Teori dan Praktik Sosiologi dan Organisasi. IPB Press. Bogor.

Artikel dalam Buku

Dariah, A. dan I. Las. 2010. Ekosistem Lahan Kering Sebagai Pendukung Pembangunan Pertanian. hlm. 46-66. dalam Membalik Kecenderungan Degradasi Sumberdaya Lahan dan Air. Badan Litbang Pertanian. Kementerian Pertanian.

Saliem, H.P. dan Supriyati. 2006. Diversifikasi Usahatani dan Tingkat Pendapatan Petani di Lahan Sawah. hlm. 58-80. dalam K. Suradisastra, Y. Yusdja, M. Siregar dan K. Kariyasa (Eds.). Diversifikasi Usahatani dan Konsumsi: Suatu Alternatif Peningkatan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani. Monograph Series No. 27. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Tesis/Disertasi

Yudho, U. 2008. Sistem Resi Gudang Sebagai Lindung Nilai: Studi pada PT Petindo Daya Mandiri. Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Pasca Sarjana. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Naskah Prosiding

Sumaryanto dan T. Sudaryanto. 2009. Perubahan Pendapatan Rumah Tangga Perdesaan: Analisis Data Patanas Tahun 1995 dan 2007. hlm. 1-18. dalam K. Suradisastra, Y. Yusdja dan A. R. Nurmanaf (Eds.). Prosiding Seminar Nasional Dinamika Pembangunan Pertanian dan Perdesaan: Tantangan dan Peluang Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Naskah Laporan Hasil Penelitian

Saptana, T. Pranadji, Syahyuti dan R. E. Manurung. 2003. Transformasi Kelembagaan untuk Mendukung Ekonomi Kerakyatan di Pedesaan. Laporan Penelitian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Naskah Online

Ariyani, R.R. 2008. Sistem Resi Gudang Akan Diberlakukan Nasional. http://www. tempo-interaktif.com/hg/ekbis/2008/04/ 16/brk.20080416-121425.id.html. Diakses Tanggal 30 Maret 2009

MEKANISME SELEKSI NASKAH: Redaksi melakukan koreksi dan perbaikan serta mengubah format sesuai dengan sifat jurnal yang informatif tanpa mengubah arti dari naskah. Redaksi akan mengembalikan naskah kepada penulis untuk diperbaiki sesuai dengan hasil koreksi Dewan Redaksi. Penulis diharapkan segera mengembalikan perbaikan naskah agar dapat diterbitkan pada waktunya.

Naskah akan mengalami beberapa kali cetak coba. Untuk cetak coba pertama,  akan dikirimkan ke penulis untuk mendapatkan persetujuan dan diberi waktu selama tiga hari. Selama tiga hari tersebut penulis dimohon memeriksa kembali angka, rumus, tabel, gambar dan teks. Urutan Naskah yang dicetak didasarkan pada kelancaran proses pemerik-saan oleh Dewan Redaksi dan perbaikan oleh penulis. Kepada setiap penulis diberikan dua eksemplar jurnal ditambah dua eksemplar cetak lepas (reprint). FAE diterbitkan dua nomor dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.

Untuk template artikel silahkan unduh di template artikel FAE atau silahkan klik link di menu sebelah kanan

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan atau sedang dalam proses untuk diterbitkan dalam jurnal manapun
  2. Naskah dalam format Microsoft word dengan tipe file microsoft word 97-2003 (*.doc) atau dalam microsoft word 2010 ke atas (*.docx)
  3. Jika tersedia, link URL atau website dari Daftar Pustaka dalam naskah telah dimasukkan dalam kotak referensi
  4. Naskah sudah mengikuti seluruh aturan dan gaya penulisan yang terdapat di Author Guidelines dan Template Artikel
  5. Naskah sudah mengikuti aturan "Blind Review" ketika melakukan pengajuan untuk proses review oleh reviewer atau mitra bestari
 

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.