Analisis Perdagangan Kopi Indonesia di Pasar Internasional

Anggi Meiri, Rita Nurmalina, Amzul Rifin

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia. Akan tetapi, pertumbuhan volume ekspor kopi di Indonesia lebih rendah dari pertumbuhan produksinya. Rendahnya ekspor kopi Indonesia disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi perdagangan kopi Indonesia di pasar internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan kopi Indonesia di pasar internasional dan menerangkan potensi perdagangan kopi Indonesia di negara tujuan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data panel dengan gravity model dan analisis potensi perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peubah yang berpengaruh signifikan terhadap ekspor kopi Indonesia adalah GDP riil/kapita Indonesia, GDP riil/kapita negara tujuan, jarak ekonomi antara Indonesia dengan negara tujuan, dan keanggotaan WTO. Sementara itu, Indonesia memiliki potensi untuk melakukan ekspansi perdagangan kopi ke negara-negara tujuan di masa yang akan datang karena perdagangan kopi Indonesia di negara tujuan masih under trade. Implikasi kebijakan adalah Indonesia harus meningkatkan pangsa pasar dengan memprioritaskan untuk mengekspor kopi ke Mesir dan Aljazair karena kedua negara tersebut memiliki pertumbuhan GDP riil/kapita yang tinggi dan perdagangan kopi Indonesia di Mesir dan Aljazair masih under trade.


Kata Kunci: Kopi, ekspor, gravity model

Indonesia is one of the largest coffee producer and exporter in the world. However, the growth of Indonesia’s coffee export volume is lower than that of its production. Indonesia’s coffee export is low due to many factors affecting the Indonesia’s coffee trade in international market. The purposes of this study are to explain the factors that influence Indonesia’s coffee trade in international market and the trade potential of Indonesian coffee in destination countries. The analysis methods used are analysis of panel data with gravity model and trade potential analysis. The results showed that variables that significantly influence Indonesia’s coffee exports are real GDP/capita of Indonesia, real GDP/capita of destination countries, economic distance between Indonesia and destination countries, and WTO membership. Meanwhile, Indonesia has potency to expand coffee trade to the destination countries in the future. Therefore, Indonesia should increase the market share by prioritizing of exported coffee to Egypt and Algeria having high in real GDP/capita growth rate.


Keywords


Coffee; export; gravity model

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21082/jtidp.v4n1.2013.p39-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 

P-ISSN: 2356-1297
E-ISSN: 2528-7222
Accredited No.30/E/KPT/2018 on Oktober 24, 2018 by Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia

                    


Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar (JTIDP) Editorial Office :

Indonesian Industrial and Beverage Crops Research Institute
Jl. Raya Pakuwon Km. 2, Parungkuda, Sukabumi 43357 Jawa Barat Indonesia
Telp : (0266) 6542181
Fax : (0266) 6542087
Email : jtidp@litbang.pertanian.go.iduppublikasi@gmail.com
Website : http://balittri.litbang.pertanian.go.id



View My Stats