Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Bentuk artikel:

Naskah yang ditulis merupakan naskah asli hasil penelitian atau tinjauan dari suatu topik penelitian dan pengembangan dan belum pernah diterbitkan atau sedang dikirim ke media lain. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, menggunakan huruf Times New Roman, font 12, diketik 1,5 spasi, dan tidak lebih dari 20 halaman (termasuk abstrak, tabel, gambar, dan daftar pustaka).

Jenis Artikel:

1. Hasil Penelitian.

Artikel hasil penelitian berisi skema penelitian yang luas dan pembahasan yang mendalam dari hasil temuan. Struktur artikel terdiri dari Abstrak, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima kasih, dan Daftar Pustaka. Template penyiapan naskah hasil penelitian dapat diunduh disini.

2.   Tinjauan

Artikel tinjauan (review) berisi suatu kajian hasil-hasil penelitian yang dianalisis dan disintesis, sehingga diperoleh informasi yang benar, valid dan relevan untuk perkembangan iptek yang berkaitan dengan tanaman pemanis, serat, tembakau dan minyak industri.  Struktur artikel tinjauan terdiri atas Pendahuluan, Isi tinjauan (terdiri beberapa bab dan sub-bab), Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih, dan Daftar Pustaka. emplate penyiapan naskah tinjauan dapat diunduh disini.

 

Format Naskah

  1. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman 12 pt, spasi rangkap pada kertas berukuran A4. Batas tepi (margin) pada setiap sisi masing-masing 2,5 cm.
  2. Nomor halaman ditempatkan pada bagian kanan bawah.
  3. Tabel dan gambar harus jelas dengan resolusi minimal 300 dpi. Teks dan angka dalam gambar dan tabel menggunakan huruf Times New Roman 10 pt.

 

Struktur Artikel

Judul (Title):

Singkat dan jelas, tidak lebih dari 18 kata dan menggambarkan isi dari artikel. Penulis juga harus menuliskan running title (maksimal 60 huruf) yang merupakan judul kecil dari naskah.

Penulis:

Nama penulis ditulis lengkap dan tanpa gelar. Bila nama penulis lebih dari satu orang, urutan penulisan nama harus mengikuti Kode Etika Publikasi Ilmiah.

Alamat penulis:

Informasi tentang alamat penulis ditulis di bawah baris nama penulis. Informasi tersebut terdiri atas nama dan alamat instansi, serta e-mail salah satu penulis yang dapat dihubungi untuk korespondensi.

Abstrak (Abstract)

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang baik dan benar, tidak lebih dari 250 kata, tidak ada penyingkatan dan referensi. Abstrak merupakan intisari dari seluruh tulisan. Untuk naskah hasil penelitian meliputi latar belakang, tujuan, masalah, metode atau pendekatan, hasil penelitian, dan aplikasinya.  Untuk naskah tinjauan meliputi pendahuluan, tujuan, isi analisa dan sintesa hasil penelitian yang direview, dan kesimpulan.

Kata kunci (Keywords):

Terdiri atas 4–6 kata atau gusus kata kunci yang mewakili cakupan isi naskah dan dapat digunakan untuk keperluan indeks.

Pendahuluan (Introduction):

Menyampaikan uraian informasi tentang kajian literatur yang melatarbelakangi pentingnya penelitian atau tinjauan, signifikansi kemajuan iptek dan penerapannya, serta pernyataan  tujuan pada paragraf terakhir.  Pernyataan dalam pendahuluan didukung dengan pustaka yang relevan dan terkini (10 tahun terakhir).

Bahan dan Metode (Materials and Methods):

Metode harus ditulis secara rinci, sehingga semua prosedur dapat diulang jika ada yang hendak mengacunya. Tempat dan waktu pelaksanaan dicantumkan.  Apabila metode baru, maka harus diuraikan secara detail.  Analisis data yang digunakan dijelaskan.

Hasil dan Pembahasan (Results and Discussion):

Hasil dan pembahasan ditulis pada alinea yang terpisah. Uraikan dahulu hasil yang diperoleh berdasarkan metode tanpa mengemukakan argumentasi atau spekulasi.  Data yang sama tidak dapat disajikan dalam bentuk tabel dan gambar sekaligus, harus dipilih salah satu. Format tabel dan grafik dibuat dalam bentuk terbuka (tanpa garis batas). Mencantumkan skala pengukuran pada gambar berupa foto.

Pembahasan merupakan interpretasi dari hasil dan menjelaskan pentingnya dan relevansi dari penelitian. Pembahasan hendaknya juga membandingkan data yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya dengan menguraikan kesamaan, perbedaan, dan keunikan hasil yang diperoleh.  Pembahasan hendaknya didukung dengan referensi yang relevan dan mutakhir (10 tahun terakhir).  Di bagian akhir pembahasan dikemukakan implikasi bagi bidang terkait.

Kesimpulan (Conclusion)

Menyampaikan secara singkat gambaran hasil temuan dengan memerhatikan perumusan masalah dan tujuan penelitian utama dan implikasinya, serta saran tindak lanjut.

Ucapan Terima Kasih (Acknowledgments):

Ucapan terima kasih berisi sumber dana untuk pelaksanaan penelitian serta terima kasih pada orang-orang atau pihak-pihak yang telah membantu dalam melaksanakan penelitian atau tinjauan, serta pihak-pihak yang berjasa hingga hasil penelitian menjadi artikel yang dipublikasikan.

Daftar Pustaka (References):

Daftar pustaka dapat berupa publikasi ilmiah pada jurnal, buku, bab dalam buku, tesis, dan web-site.  Jumlah pustaka yang diacu untuk naskah hasil penelitian minimal 11 pustaka primer, sedangkan untuk naskah tinjauan minimal 25 pustaka. Pustaka yang diacu harus relevan dan terbitan 10 tahun terakhir.  Tuliskan nama jurnal, buku, prosiding atau sumber lainnya secara lengkap tanpa disingkat.

Daftar pustaka disusun menggunakan program Mendeley menggunakan gaya Elsivier Harvard (with titles) dengan beberapa modifikasi berdasarkan urutan abjad nama akhir penulis pertama. Nama penulis pertama dan penulis berikutnya didahului nama famili yang diikuti singkatan nama pertama dan nama tengah tanpa dipisahkan tanda koma atau titik.

 

Sitasi dalam teks:

Acuan (sitasi) pustaka dalam teks adalah nama famili (nama belakang) penulis diikuti dengan tahun,   contoh: (Smith 1990; Smith & Jones 1991; Smith et al. 1992); atau hanya tahun yang ditulis dalam tanda kurung, misalnya hasil penelitian Smith et al. (1992). Jika nama penulis yang disitasi ada tiga atau lebih, maka penulisan sitasi adalah hanya nama penulis pertama diikuti dengan et al.

 

Contoh Penulisan Pustaka

Buku:

Berkman, RI 1994, Find It fast: how to uncover expert information on any subject, Harper Perennial, New York, 231 p.

Cengel, YA & Boles, MA 1994, Thermodynamics: an engineering approach, 2nd edn, McGraw Hill, London, 179 p.

Reid, DH, Parsons, MB & Green, CW 1989, Staff management in human services: behavioral research and application, Charles C. Thomas, Springfield, 120 p.

Bagian dari Buku

Bernstein, D 1995, Transportation planning, in Chen WF (ed.), The civil engineering handbook, CRC Press, Boca Raton, pp. 231-61.

Machfud, M  2002,  Budi daya kapas di lahan sawah, dalam Subiyakto et al. (eds), Kapas, Buku 2, Monograf Balittas No 7, Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat,  hlm: 101-108.

 

Makalah dalam Pertemuan Ilmiah yang dipublikasi

Bourassa, S 1999, Effects of child care on young children, Proceedings of the third annual meeting of the International Society for Child Psychology, International Society for Child Psychology, Atlanta, Georgia, pp. 44-46.

 

Makalah dalam Pertemuan Ilmiah yang tidak dipublikasi

Bowden, FJ & Fairley, CK 1996, Endemic STDs in the Northern Territory: estimations of effective rates of partner change, paper presented to the scientific meeting of the Royal Australian College of Physicians, Darwin, 24-25 June 1996.

 

Jurnal dengan halaman

Huffman, LM 1996, Processing whey protein for use as a food ingredient, Food Technology, 50(2): 49-52.

Dicke, M & van Loon, JJA 2000, Multitropic effects of herbivore-induced plant volatiles in an evolutionary context, Entomologia Experimentalis et Applicata 97(3):237–249.

Nurindah & Subiyakto 1993, Pengaruh penyemprotan insektisida terhadap populasi musuh alami serangga hama kapas, Buletin Tembakau dan Serat, 02/09: 12–16.

Perovic, DJ, Gurr, GM,  Raman,  A & Nicol HI  2010,  Effect of landscape composition and arrangement on biological control agents in a simplified agricultural system: A cost–distance approach,  Biological Control, 52(2): 263–270.

Rachman, A, Djajadi & Sastrosupadi, A 1988, Pengaruh pupuk kandang dan pupuk nitrogen terhadap produksi dan mutu tembakau temanggung, Penelitian Tembakau dan Tanaman Serat, 6(1): 21-31.

 

Jurnal online tanpa halaman

Donahue-Wallace, K & Chanda, J 2005, A case study in integrating the best practices of face-to-face art history and online teaching, Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning, 7(1), diakses pada 30 Januari 2009, (http://imej.wfu.edu/articles/2005 /1/01/index.asp).

 

Skripsi, Tesis, Disertasi

Winarno, S 1992, Pengaruh penambahan bahan organik segar dan dikomposkan terhadap pengkelatan alumunium oleh senyawa-senyawa humik pada typic haplohulmult, Thesis S2, Institut Pertanian Bogor.

Exelby, HRA 1997, Aspects of gold and mineral liberation, PhD thesis, University of Queensland, Brisbane.

 

Laporan

Mortimer, M & Cox, M 1999, Contaminants in mud crabs and sediments from the Maroochy River, Environment technical report no. 25, Queensland Department of the Environment, Brisbane.

 

Website

Ada nama penulis:

Albanese, A 2009, Fairer compensation for air travellers, media release, 29 January, Minister for Infrastructure, Transport, Regional Development and Local Government, diakses pada 30 Januari 2009, (http://www.minister.infrastructure.gov.au/releases/2009).

 

Tanpa nama penulis:

Behaviour modification 2007, diakses pada 31 August 2011, (http://www.educational.org.uk/ behaviour.html).

 

Pengiriman naskah

Format file naskah.

Naskah yang dikirimkan harus dalam format file Microsoft Word dan mencantumkan jenis artikel yang dikirimkan.

 

Surat pengantar (cover letter).

Penulis harus menyertakan surat pengantar yang berisi informasi mengenai aspek penting dari penelitian, pernyataan bahwa naskah sedang tidak dipublikasikan di jurnal ilmiah yang lain.  Template cover letter dapat diunduh di http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bultas/about

 

Cara pengiriman naskah.

Naskah dan surat pengantar dapat dikirimkan melalui:

  1. Sistem Online (Online submission) yaitu dengan mengakses website:http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/bultas/about/submissions#onlineSubmissions
  2. Surat elektronik (e-mail) yaitu mengirimkan langsung ke alamat e-mail editor: buletintas@gmail.com.
 
Naskah siap publikasi :

Penulis diharuskan mengisi form ethical statement dan copyright transfer.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah dan tidak sedang dalam proses publikasi di Terbitan Berkalah Ilmiah (TBI) lain.
  2. Penulisan naskah sudah mengikuti format MS Words seperti yang telah dijelaskan dalam Pedoman Penulisan Naskah.
  3. Pengiriman naskah dilengkapi dengan Ethical Statement yang dapat diunduh disini
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.