Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Buletin Palawija?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK BAGI PENULIS


KETENTUAN UMUM

  • Buletin Palawija memuat tulisan ilmiah asli berupa hasil penelitian (original paper), komunikasi pendek (short communication), atau tinjauan (review) tanaman palawija dari berbagai disiplin ilmu yaitu plasma nutfah dan pemuliaan, fisiologi dan budidaya tanaman, perlindungan tanaman, pascapanen dan pengolahan hasil serta sosial ekonomi. Naskah yang diajukan tidak boleh yang telah diterbitkan di penerbitan lain atau sedang diajukan ke penerbitan lain. Naskah yang sedang dalam proses penelaahan dan penyuntingan tidak diperkenankan ditarik kembali sebelum melalui keputusan resmi dari Dewan Redaksi.
  • Makalah hasil penelitian (primer) merupakan hasil penelitian sendiri, tidak lebih dari 20 halaman termasuk tabel dan gambar.
  • Komunikasi pendek (short communication) berisi hasil penelitian yang ingin dipublikasi secara cepat karena hasil temuannya menarik, spesifik, dan baru, agar dapat segera diketahui oleh umum. Naskah ditulis tidak lebih dari 10 halaman termasuk tabel dan gambar (bila ada).
  • Tinjauan (review) berisi tinjauan ilmiah yang sistematis-kritis secara ringkas tetapi mendalam terhadap topik tertentu. Hal yang ditinjau meliputi segala sesuatu yang relevan terhadap topik tinjauan yang memberikan gambaran ‘state of the art’, meliputi temuan awal, kemajuan hingga issue terkini, termasuk perbedaan dan kesenjangan yang ada dalam topik yang dibahas. Tinjauan sekurang-kurangnya berisi 25 halaman.
  • Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  • Naskah lengkap dikirim dalam soft copy melalui email ke alamat Redaksi Buletin Palawija, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi). Bagi naskah yang sudah terbit, penulis berhak menerima satu eksemplar cetakan lengkap dan cetak lepas tulisannya.

STANDAR PENULISAN

  • Naskah diketik dengan program MS Word (file .doc atau docx), jenis huruf Arial, 11 point, dua spasi, kertas ukuran A4, jarak kanan dan kiri setiap halaman 2 cm dan dari atas dan bawah pinggir kertas 3 cm. Naskah diberi nomor baris (line number) secara kontinyu.
  • Satuan ukuran menggunakan sistem metrik dan Satuan Internasional (SI).

FORMAT PENULISAN NASKAH
Naskah Hasil Penelitian dan Komunikasi Pendek

  • Judul mencerminkan isi pokok naskah secara singkat, jelas, informatif, dan tidak lebih dari 12 kata. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Penulis dapat terdiri dari penulis utama dan penulis pendamping. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar. Penulis wajib mencantumkan institusi, alamat dan kode pos, nama negara, dan alamat korespondensi (telepon dan e-mail).
  • Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, memuat intisari seluruh tulisan yang meliputi masalah, tujuan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan penelitian. Panjang abstrak maksimal 200 kata, ditulis dua spasi dalam satu paragraf, dilengkapi kata kunci dalam bahasa yang bersangkutan, dan dicantumkan di bawah abstrak maksimal 5 kata, kata pertama adalah kata yang paling penting.
  • Pendahuluan berisi latar belakang dan masalah yang mendorong dilakukannya penelitian, penemuan yang akan disanggah atau dikembangkan, pendekatan umum dan tujuan penelitian. Pendahuluan didukung pustaka yang relevan dan terkini (10 tahun terakhir).
  • Bahan dan Metode menguraikan dengan jelas mencakup bahan, teknik dan rancangan penelitian, tempat, waktu dan lingkungan penelitian. Sitiran pustaka hanya diberikan kepada metode yang kurang dikenal.
  • Hasil dan Pembahasan ditulis secara jelas dan dapat disertai tabel dan ilustrasi (grafik, diagram, gambar), dan foto. Informasi yang sudah disampaikan dengan tabel dan ilustrasi tidak perlu diuraikan secara mendalam dalam teks. Tabel diberi nomor dan judul yang mencerminkan isi tabel. Kualitas grafik dan gambar harus baik. Foto bukan hasil rekayasa dan objek foto yang jelas. Setiap gambar diberi keterangan yang sesuai. Pembahasan memuat analisis tentang hasil yang telah diperoleh: bagaimana penelitian dapat memecahkan masalah, perbedaan dan persamaan dengan penelitian terdahulu, dan kemungkinan pengembangannya.
  • Kesimpulan ditulis dalam bentuk narasi berisi hal-hal penting dari hasil dan pembahasan.
  • Ucapan terima kasih ditulis jika dianggap perlu.

Template (disini)

Naskah Review

  • Judul singkat, jelas, spesifik, dan informatif, yang mencerminkam isi naskah tidak lebih dari 12 kata. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Penulis dapat terdiri dari penulis utama dan penulis pendamping. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar. Penulis wajib mencantumkan institusi, alamat dan kode pos, nama negara, dan alamat korespondensi (telepon dan e-mail).
  • Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, memuat intisari naskah yang dituangkan dalam satu paragraf. Panjang abstrak maksimal 200 kata ditulis dua spasi. Kata kunci dicantumkan di bawah abstrak sesuai bahasa yang digunakan, maksimal lima (5) kata; kata yang pertama adalah kata yang paling penting.
  • Pendahuluan berisi latar belakang, tujuan, dan sasaran penulisan naskah, didukung pustaka yang relevan dan terkini (10 tahun terakhir).
  • Isi/pokok bahasan menyajikan dan membahas secara jelas pokok bahasan dengan mengacu kepada tujuan penulisan naskah.
  • Kesimpulan ditulis dalam bentuk narasi yang merupakan intisari dari substansi pokok bahasan, serta implikasi dan atau saran kebijakan bila dipandang perlu.
  • Ucapan terima kasih ditulis jika dianggap perlu.

DAFTAR PUSTAKA
Sitasi dalam naskah dan daftar pustaka mengacu pada gaya penyuntingan Harvard (Harvard style referencing). Sitasi dalam naskah adalah nama penulis dan tahun. Komposisi pustaka acuan adalah 80% merupakan terbitan sepuluh tahun terakhir dan 80% di antaranya adalah naskah yang diterbitkan dalam jurnal primer. Cara penulisan mengacu pada contoh berkas elektronik (template) Pedoman Penulisan Buletin Palawija. Jumlah pustaka untuk makalah primer sedikitnya 15 sedangkan untuk review sedikitnya
25 acuan.


PROSES PENYUNTINGAN
Semua naskah yang dikirim ke Buletin Palawija ditelaah oleh Dewan Redaksi. Redaksi berhak menolak naskah yang tidak sesuai atau tidak mengikuti pedoman penulisan.


PENGIRIMAN NASKAH
Alamat surat: Redaksi Buletin Palawija, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Jl Raya Kendalpayak km 8 Kotak Pos 66 Malang 65101, Telp. +62-341-801468 Fax. +62-341-801496 Alamat e-mail: bpalawija@gmail.com

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Where available, URLs for the references have been provided.
  2. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  3. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  4. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.